Relasi Sertifikasi BR-IT BA-IT SA-IT PM

This image has an empty alt attribute; its file name is image-1024x576.png

Gambar diatas menjelaskan hubungan antara beberapa sertifikasi dengan sertifikasi IT Project Management.

Business Requirement Analysis (BR); sertifikasi ini ditujukan untuk pengguna baik dari TI ataupun non-TI. Oleh karena yang mengetahui permasalahan dan kebutuhan serta persyaratan untuk suatu proyek adalah pengguna sendiri yaitu unit bisnis, maka dokumen persyaratan bisnis (Business Requirement Document – BRD) dibuat oleh unit bisnis tersebut dan konsultasi dengan IT Business Analyst atau pemangku kepentingan lainnya

IT Business Analyst (IT BA); sertifikasi ini ditujukan untuk IT Business Analyst yang akan mengolah Business Requirement Document – BRD menjadi solusi Teknologi Informasi. IT BA akan mengkaji kelayakan BRD dengan beberapa sumber informasi yang diperlukan, melakukan analisa lebih lanjut terhadap persyaratan lainnya dan menilai Cost-Benefit-Analysis (CBA) atau Investment-Analysis (IA) untuk menyakinkan bahwa usulan proyek ini berdasarkan BRD memang layak untuk dilanjutkan sebagai suatu Proyek. IT BA akan menghasilkan suatu dokumen yang disebut Business Case dan nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam Manajemen Proyek.

IT System Analyst (IT SA); sertifikasi ini ditujukan untuk seorang IT Sytem Analyst yang akan mengolah lebih lanjut dokumen Business Case jika usulannya adalah membuat aplikasi. IT SA akan mengkaji lebih lanjut dengan persyaratan teknis dan menterjemahkan persyaratan bisnis dan persyaratan pengguna menjadi persyaratan teknis sehingga akan memudahkan bagian pengembang aplikasi untuk merencanakan, membuat, menguji, serta implementasi aplikasi tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah dokumen System Requirement Specification (SRS).

IT Project Management (IT PM); sertifikasi ini ditujukan untuk seorang manajer proyek yang akan mengelola suatu proyek berdasrkan permintaan pengguna atau unit bisnis. Manajer proyek akan menterjemahkan dokumen-dokumen yang telah dibuat oleh IT BA dan IT SA. Berdasarkan dokumen tersebut, manajer proyek dapat memulai membuat perencanaan proyek sebagai langkah awal dimulainya suatu proyek.