Sertifikasi Profesional Smart City – BASIC

KENAPA PERLU SERTIFIKASI PROFESIONAL SMART CITY – BASIC?

Smart city atau Kota Cerdas merupakan kawasan yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola Pemerintah Daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga. Implementasi smart city di Indonesia sendiri mengalami berbagai kendala, mulai dari infrastruktur penunjang yang belum memadai, kesiapan pemerintah setempat, hingga masyarakat sendiri yang belum mampu memanfaatkan teknologi digital secara maksimal

Untuk dapat menerapkan konsep Smart City yang baik dan benar diperlukan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan praktik terbaik yang ada, baik tingkat nasional maupun internasional. Sertifikasi Profesional Smart City – BASIC  ini membahas pengetahuan awal tentang smart city sebagai pondasi untuk implementasi Smart City. Pelatihan tingkat BASIC ini akan membantu peserta memahami atau mengetahui tentang Kota Cerdas kemudian mampu membuat rencana strategis Kota Cerdas, sehingga dapat membantu implementasi program Kota Cerdas di wilayah masing-masing.

Pelatihan ini berbasis kompetensi, sehingga pengukuran capaian setiap modul atau materi ajar akan diukur untuk Pengetahuan dan Keterampilan, sedangkan untuk Sikap Kerja tidak dinilai hanya disampaikan saat pelatihan.

SIAPA YANG AKAN MENGIKUTI SERTIFIKASI?

Sertifikasi Profesional Kota Cerdas – BASIC ditujukan untuk;
a. Masyarakat umum atau individu yang berminat untuk mengetahui konsep Kota Cerdas dan/atau akan membuat rencana strategik Kota Cerdas.
b. Setiap orang yang akan atau bekerja saat ini pada kegiatan implementasi Smart City, perlu memeiliki pengetahuan dan keterampilan dasar seperti persyaratan (requirement) dan Analisa penyelenggara Smart City, sehingga disarankan untuk memperoleh sertifikat profesional Kota Cerdas tingkat dasar.

PERSYARATAN PESERTA

Tidak ada persyaratan untuk Sertifikasi ini.

METODE PELATIHAN

a. Pelatihan dilaksanakan dengan metode berbasis kompetensi
b. Pelatihan dan ujian dilaksanakan secara online
c. Durasi pelatihan + Ujian (3 hari)

Hubungi info@dbindonesia.id untuk registrasi pelatihan (minimal peserta 5 orang)