Jl. Kedondong Blok B-6 No.4D RT/RW 002/05, Kel. Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor 0251 2000 052 info@dbindonesia.id

SILABUS PELATIHAN DAN UJIAN SERTIFIKASI “CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO)”

SILABUS PELATIHAN DAN UJIAN SERTIFIKASI “CHIEF INFORMATION OFFICER (CIO)”

555

Deskripsi
Pelatihan ini merupakan persiapan untuk mengikuti ujian sertifikasi CIO pada LSP Komunikasi dan Informatika. Materi pelatihan disusun untuk mendukung pemahaman unit kompetensi yang ada pada skema sertifikasi CIO.

Persyaratan Peserta

1. Peserta memiliki pengalaman kerja pada tingkat manajemen menengah atau puncak

2.  Peserta memiliki pengalaman menjalankan fungsi CIO di tempat kerja

3.   Peserta memiliki sertifikat pelatihan tentang fungsi fungsi CIO

Unit Kompetensi



Studi Kasus Uji Kompetensi

Setiap peserta wajib membuat laporan sebagai bukti dukung mengikuti ujian sertifikasi, dengan studi kasus berikut.

PT DEF memiliki organisasi Teknologi Informasi yang memiliki strategi Transformasi Digital melalui Teknologi Informasi, dimana manajemen puncak mengharapkan organisasi Teknologi Informasi dapat memberikan inovasi dan solusi untuk mengembangkan bisnis Perusahaan dengan tren Teknologi saat ini dan masa datang. Saat ini adalah era digitalisasi dan perusahaan dituntut untuk dapat menjalankan proses bisnis yang efisien dan efektif.

Sebagai seorang CIO yang bertanggung jawab terhadap organisasi Teknologi Informasi, Anda diminta membuat 1 (satu) program kerja strategis yang menunjukkan keselarasan antara strategi bisnis dengan strategi TI dan sebagai bentuk kontribusi organisasi TI terhadap perkembangan perusahaan di masa datang.

Dengan kompetensi yang anda miliki (kompetensi terlampir), anda diminta membuat laporan untuk 1 (satu) program kerja strategis tersebut termasuk rencana aksi untuk 3 tahun mendatang. Laporan Program kerja yang diusulkan termasuk (tidak terbatas)

a. Permasalahan atau peluang bisnis.

b. Lingkup atau cakupan program kerja strategis

c. Pengukuran indikator pencapaian keberhasilan program kerja dan peta jalan

d. Strategi implementasi program dan kerjasama dengan stakeholder terkait (internal dan external),

e. Kebutuhan SDM Teknologi informasi untuk mendukung program kerja

Catatan:

Peserta membuat laporan program kerja maksimal 5 halaman dan membuat materi powerpoint untuk menjelaskan program kerja

Modul Pelatihan

Modul pelatihan persiapan uji kompetensi skema sertifikasi CIO terdiri dari :

  1. IT Governance for Executive
    Membangun tata kelola TI yang kuat sangat penting bagi setiap organisasi yang menggunakan TI. Agar berhasil, peran tata kelola TI dalam suatu organisasi harus didefinisikan dengan jelas. Tergantung pada ukuran organisasi, tata kelola ini mungkin dilakukan oleh seluruh tim atau hanya oleh satu individu. Apapun model organisasi yang Anda pilih untuk diterapkan, ruang lingkup peran dan tanggung jawab tata kelola TI harus mencakup semua aspek tata kelola yang diperlukan.
  2. IT Security governance for executive
    Tata kelola keamanan informasi memainkan peran penting dalam bisnis saat ini. Hal ini menunjukkan kepada calon mitra bisnis bahwa memiliki struktur dan proses yang memandu keputusan keamanan informasi dan respons insiden. Akibatnya, menjalankan tugas dengan ketat dan tidak membiarkan apa pun terjadi secara kebetulan.
  3. Aligning IT Strategy with the Business
    Menyelaraskan strategi TI dengan strategi bisnis telah menjadi persyaratan utama bagi CIO selama beberapa tahun. Namun, meskipun upaya ini tampak sederhana, banyak CIO yang kesulitan mencapai keselarasan tersebut. Pesatnya kemajuan teknologi dan transformasi digital telah meningkatkan standar secara signifikan — kini, CIO harus menemukan sinergi dan efek pengganda, bukan hanya penyelarasan bisnis, dan hal ini berdampak besar pada penciptaan strategi TI.
  4. IT Risk Management for executive
    Organisasi saat ini menghadapi risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah perusahaan. Ketika tim eksekutif mencari panduan untuk masalah tata kelola perusahaan, kepatuhan terhadap peraturan, dan manajemen risiko yang semakin kompleks, CIO harus memastikan bahwa mereka mempunyai peran dalam hal ini.
  5. IT Service for executive
    Manajemen layanan adalah komponen penting dari setiap organisasi TI. Ini adalah serangkaian proses dan prosedur yang memungkinkan organisasi untuk memberikan layanan TI kepada pelanggannya dengan cara yang hemat biaya dan efisien. Sebagai CIO, Anda harus memastikan manajemen layanan TI organisasi Anda efektif, efisien, dan hemat biaya. Artikel ini akan menguraikan beberapa langkah penting dalam menerapkan sistem manajemen layanan TI untuk CIO.
  6. IT project management and portfolio management
    Manajemen portofolio TI (ITPM) adalah pendekatan sistematis dalam perencanaan dan pengorganisasian proyek, aktivitas, inisiatif, dan investasi di departemen TI perusahaan. Tujuan ITPM adalah untuk memastikan bahwa sumber daya TI perusahaan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan bisnis. Ini memungkinkan untuk mengelola sumber daya dan infrastruktur serta mengatur investasi TI secara objektif.
  7. CIO to Talent Management
    CIO harus mengembangkan kompetensi untuk mengambil peran lebih besar dalam manajemen bakat dan perubahan budaya.
  8. CIO Priorities
    Bagi para CIO, tantangannya adalah bagaimana mewujudkan aspirasi bisnis untuk tumbuh namun juga membentuknya. Tantangan tersebut menjadi semakin penting karena sekilas tujuan utama bisnis menunjukkan bahwa tujuan tersebut tidak mungkin tercapai tanpa teknologi.


Kantor Jakarta

Graha Mustika Ratu, 5th Floor,#505 Jl. Jend. Gatot Subroto,Kav. 74-75, Tebet, Jakarta Selatan 12870,

info@dbindonesia.id

08119056811

Kantor Bogor

Jl. Kedondong Blok B-6 No.4D RT/RW 002/05, Kel. Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor

info@dbindonesia.id

0251 2000 052 (Bogor)

© 2023. Digital Business Indonesia (DBI). by PT Tomo Teknologi Sinergi

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...